Pujian dan Penyembahan Memimpin dalam Kelompok Kecil

Menjadi pemimpin pujian dan penyembahan dalam kelompok kecil atau gereja mungkin tampak jauh dari beberapa pertemuan ibadah gereja besar yang Anda lihat di televisi, tetapi sebenarnya mereka memiliki banyak kesamaan.

Selama karir saya sebagai pemimpin pujian dan penyembahan, merupakan hak istimewa saya untuk memimpin penyembahan, menyanyi dan bermain gitar dalam berbagai pertemuan, dari stadion besar yang dipenuhi oleh puluhan ribu orang hingga kelompok kecil di rumah, di mana beberapa orang percaya yang setia berkumpul untuk beribadah dan bersekutu. Saya telah menjadi pemimpin pujian dan penyembahan di gereja-gereja konservatif juga di gereja-gereja Pantekosta dan di setiap jenis gereja di antaranya, dan saya telah melakukan ini di negara asal saya di Australia, AS, di seluruh Asia, Afrika, dan Eropa.

Saya telah menemukan bahwa, terlepas dari ukuran audiens, prinsip-prinsip dasar dapat diterapkan yang akan menghasilkan hasil positif di hampir setiap situasi, terlepas dari denominasi gereja Anda, ukuran audiens atau jumlah orang dalam tim ibadah Anda.

Pemimpin pujian dan penyembahan kelompok kecil memiliki satu keunggulan yang jelas dibandingkan pemimpin pujian yang memimpin ribuan orang: keintiman! Sementara saya menikmati memimpin ibadah di depan banyak orang, ada sesuatu yang sangat istimewa tentang memimpin sebuah kelompok kecil jauh ke dalam intim dan urapan ibadah, di mana hampir seolah-olah Anda adalah sebuah kelompok kecil yang duduk di kaki takhta. Namun, ini tidak berarti bahwa teknik dan kiat yang berlaku saat melayani audiens yang besar tidak lagi dapat diterapkan. Sebuah gereja rumah atau kelompok sel sebenarnya adalah tempat yang ideal bagi pemimpin pujian dan penyembahan muda untuk belajar, tumbuh dan berlatih dalam seni memimpin penyembahan.

Banyak tips dan teknik yang kami  baca surat Yasin gunakan di atas panggung di depan audiens yang besar memiliki aplikasi yang sama untuk kelompok kecil. Kemampuan untuk mengalir dari satu lagu ke lagu lainnya, menaikkan kunci, memadukan lagu bersama-sama, bernyanyi dalam harmoni, dan sebagainya, semuanya berlaku sama untuk kelompok kecil seperti yang mereka lakukan pada kelompok besar. Faktanya, karena memimpin penyembahan di gereja rumah atau kelompok kecil lebih intim dan biasanya hanya memiliki satu atau dua gitar, piano atau alat musik berirama yang tenang, pemimpin pujian yang cerdas diberikan kesempatan emas untuk mengeksplorasi dan mengembangkan harmoni vokal, ibadah terbuka dan pujian tinggi dengan cara yang tidak tersedia di lingkungan gereja besar.

Saya menyadari bahwa di seluruh dunia, sebagian besar pemimpin pujian dan penyembahan melakukan perdagangan mereka di gereja-gereja kecil. Bahkan untuk diri saya sendiri, ketika saya pulang dari pelayanan internasional di mana saya telah bepergian dalam pelayanan di depan puluhan ribu orang, saya memimpin ibadah di gereja rumah saya di depan hanya 50 atau 60 orang. Dan tahukah Anda, saya suka kedua pengalaman itu!

Dalam seri Worship in a Nutshell saya baru saja menghasilkan sebuah buku berjudul Ibadah memimpin di gereja kecil, dalam upaya untuk mendorong pemimpin pujian dan penyembahan di gereja rumah, kelompok sel atau gereja kecil. Sebenarnya, semua hal yang saya ajarkan tentang ibadah di panggung yang lebih besar juga dapat diterapkan untuk ibadah dalam kelompok kecil dan banyak masalah manajemen tentang anggota tim ibadah juga berlaku. Jika Anda adalah pemimpin pujian dan penyembahan, Anda dapat mengunduh buku ini secara gratis dan mengembangkan keterampilan dan teknik pemimpin pujian dan penyembahan Anda.

Tetapi di atas segalanya, jika Anda adalah pemimpin pujian dan penyembahan di gereja rumah atau kelompok sel, saya ingin mendorong Anda untuk terus melakukan apa yang Anda lakukan. Anda tidak lebih baik atau lebih buruk, atau lebih atau kurang layak daripada pemimpin pujian yang melayani setiap hari Minggu di depan ribuan orang. Kita semua berada di tim yang sama, kita hanya bermain di posisi yang berbeda! Anda layak mendapatkan pengakuan yang sama, pemahaman yang sama dan tingkat pelatihan yang sama sebagai pemimpin ibadah Mega-church, dan dukungan yang sama dari anggota tim Anda, pendeta Anda dan jemaat Anda. Bahkan dalam kelompok kecil, pelatihan yang tepat akan membuat Anda menjadi pemimpin pujian dan penyembahan yang lebih baik, jadi kunjungi situs kami untuk tips, teknik, dan pelatihan yang dapat meningkatkan pelayanan ibadah Anda.

Leave a Comment