Senin, 11 Desember 2017 - 12:12:24 WIB
Musuem Sebagai Sarana Edukasi dan Rekreasi
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Museum - Dibaca: 16 kali

Museum hadir untuk masyarakat sebagai tempat untuk melihat informasi dan koleksi mengenai peristiwa yang terjadi dimasa lalu. Definisi museum menurut Peraturan  Pemerintah No. 66 Tahun 2015 Museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengomunikasikannya kepada masyarakat. Dalam PP tersebut juga dijelaskan yang dimaksud dengan  koleksi museum adalah Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, dan/atau Struktur Cagar Budaya dan/atau Bukan Cagar Budaya yang merupakan bukti material hasil budaya dan/atau material alam dan lingkungannya yang mempunyai nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, kebudayaan, teknologi, dan/atau pariwisata. Dengan demikian museum memiliki peran sebagai dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan nasional yang menjadi jati diri bangsa. Sedangkan menurut Intenasional Council of Museum (ICOM)[1] definisi museum adalah sebuah lembaga nirlaba yang bersifat permanen yang melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, yang bertugas untuk mengumpulkan, melestarikan, meniliti, mengomunikasikan, dan memamerkan warisan sejarah kemanusian yang berwujud benda dan tak benda beserta lingkungannya untuk tuuan pendidikan, penelitiaan, dan hiburan. Sehingga museum bukanlah lembaga untuk kegiatan pendidikan  masyrakat tetapi tempat rekreasi untuk masyarakat.

Sering munculnya anggapan mengenai museum sebagai tempat yang menjenuhkan, sepi dan hanya untuk kalangan terbatas seperti pelajar. Hal tersebut menjadi tantangan bagi pengelola museum bagaimana menjadikan Museum sebagai tempat yang menyenangkan untuk semua kalangan, baik untuk orang tua, pelajar, maupun anak-anak sekalipun, karena museum merupakan salah satu lembaga pendidikan informal.

Menjadikan Museum sebagai tempat rekreasi edukasi dimana pengunjung bukan hanya mendapatkan pengetahuan yang diperoleh dari informasi dan koleksi yang disajikan

oleh museum, tetapi mereka juga dapat menikmati museum seperti halnya rekreasi keluarga. Mereka mendapatkan hiburan di taman bermain, tetapi tidak mendapatkan pengetahuan. Museum berusaha menjadi tempat yang mampu memberikan pengentahuan sekaligus tempat untuk bersenang-senang tetapi tidak meninggalkan esensi nya sebagai tempat menyimpan peristiwa dan koleksi yang memiliki nilai sejarah untuk bangsa Indonesia.

Menjadikan museum sebagai tujuan rekreasi keluarga diakhir pekan  semakin sering dilakukan oleh orang tua untuk mengajak anak-anak mereka untuk berlibur sekaligus menambah pengetahuan. Kesadaran akan perlu nya mengenalkan sejarah bangsa pada anak sedini mungkin disadari oleh para orang tua tidak jarang pula anak-anak mereka mendapatkan informasi mengenai museum dari sekolah, teman ataupun sosial media sehingga mengajak orang tua mereka untuk berkunjung ke museum. Berkunjung ke museum akan membawa kalian berjalan mundur menikmati masa lalu, membawa kalian kepada pengetahuan baru, dan menikmati masa kini yang merupakan buah perjuangan di masa lalu.




Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)